Program & Kegiatan

CCIS berupaya untuk melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam menjalankan misinya. CCIS melibatkan dan melayani masyarakat ilmiah/akademis dalam upaya membangun pemahaman tentang komunitas Indonesia Tionghoa yang mampu memberikan landasan pemikiran ilmiah dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara. Bagi masyarakat profesional CCIS memberikan layanan data dan informasi terkait komunitas Indonesia Tionghoa yang diharapkan dapat digunakan untuk kepentingan pembangunan, baik nasional maupun internasional. Sedangkan bagi masyarakat umum CCIS memberikan layanan informasi dan data dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan hubungan intra-etnis maupun inter-etnis yang lebih harmonis di Indonesia.

Program dan kegiatan CCIS secara garis besar dibagi menjadi 4 kategori, yaitu:

1.     Dokumentasi

CCIS melakukan pendokumentasian terhadap segala aspek kehidupan komunitas Indonesia Tionghoa dengan dukungan Perpustakaan UK Petra melalui pengembangan Koleksi Khusus “Chinese in Indonesia” (materi tercetak maupun digital). Koleksi ini terdiri dari materi yang terpublikasikan maupun materi yang tidak terpublikasikan seperti data-data hasil penelitian, sejarah lisan, sejarah lokal, dokumen atau koleksi foto pribadi/keluarga/organisasi, dokumen terkait pusaka (heritage), maupun dokumen yang bersifat arsip lainnya.

2.     Penelitian

CCIS melakukan penelitian terkait berbagai aspek kehidupan komunitas Indonesia Tionghoa dilakukan secara multi disipliner dengan melibatkan berbagai bidang ilmu, antara lain linguistik, sastra, antropologi, sosiologi, arsitektur, ekonomi dan bisnis. Penelitian dapat dilakukan oleh para peneliti CCIS bersama para mitra dari organisasi lain, baik dari dalam maupun luar negeri.

3.     Pembentukan Jejaring

CCIS terbuka untuk bekerja sama berbagai organisasi maupun individu untuk membangun jejaring informasi dan kerja sama untuk memajukan/meningkatkan pemahaman dan kajian terkait komunitas Indonesia Tionghoa dalam kerangka pembangunan karakter dan bangsa.

4.     Membangun Kesadaran Identitas dan Budaya

CCIS melakukan berbagai program dan kegiatan yang bertujuan untuk membangun kesadaran identitas dan budaya dari generasi muda Indonesia Tionghoa dalam konteks keragaman dan hubungan antar etnis di Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika.

 

Additional information